Menu

Dark Mode
PLN Peduli Bersama Banawa Sekar, Berkomitmen Lindungi Ekosistem Mangrove Lewat Bantuan Pembibitan Sangkanjoyo Berdaya Lewat Electrifying Agriculture, Bantuan Irigasi Untuk Pengairan Sawah Jaga Kehandalan Pasokan Listrik Jelan PON Beladiri Kudus serta Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, PLN Laksanakan Pemeliharaan Gabungan Bantuan Makanan Bergizi PLN Peduli, Bantu Warga Batukali Perangi Stunting Berikan Bantuan Makanan Bergizi, PLN Sukseskan Program Pemerintah Berantas Stunting PLN Peduli UP3 Pekalongan Beri Bantuan Pembibitan Organik Untuk KWT Srikandi Asri, Dukung Pemberdayaan Perempuan di Desa Linggoasri

News

Upskilling dan Akademi Yantek, Upaya Hadirkan Listrik Untuk Rakyat yang Andal & Berkualitas

badge-check


					Upskilling dan Akademi Yantek, Upaya Hadirkan Listrik Untuk Rakyat yang Andal & Berkualitas Perbesar

PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pekalongan Kota, salah satu unit layanan di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan bersama PT. Insan Utama Mandiri, mitra kerja yang mengelola tim pelayanan teknik, laksanakan kegiatan upskilling dan akademi pelayanan teknik guna mengupayakan hadirnya listrik untuk rakyat yang andal & berkualitas.

Mengusung tema “Cepat, Tepat dan Selamat”, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 16 hingga 17 Juni 2025 bertempat di PLN ULP Wiradesa. Kegiatan diawali dengan apel yang dipimpin oleh Rahmat Taupik, Manager PLN ULP Pekalongan dan diikuti oleh seluruh tim pelayanan teknik ULP Pekalongan Kota sejumlah 22 orang. Dalam sambutannya, Taupik menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas melayani kebutuhan pelanggan, petugas pelayanan teknik wajib mengutamakan keselamatan saat melaksanakan pekerjaan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai standar serta mematuhi Standar Operasional Pekerjaan atau SOP. “Selain mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja, kecepatan dan ketepatan pelaksanaan pekerjaan menjadi kunci untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan” pungkasnya.

“Listrik untuk rakyat yang andal dan berkualitas menjadi poin utama dalam pelayanan di PLN. Sementara Tim Pelayanan Teknik atau rekan – rekan Yantek adalah ujung tombak PLN yang melayani langsung kebutuhan pelanggan. Harapannya melalui kegiatan upskilling dan Akademi Yantek ini, kita dapat melakukan evaluasi bersama terkait kecepatan respon terhadap keluhan pelanggan terkait gangguan yang dialami, kesiapan dan kesigapan petugas saat penanganan keluhan & gangguan serta sikap saat berhadapan dengan pelanggan. Upskilling kompetensi petugas juga perlu dilakukan sebab kondisi di lapangan sangat dinamis, sehingga seluruh tim harus mampu untuk beradaptasi. Satu hal yang penting dan tidak boleh terlupakan adalah mematuhi SOP serta penggunaan APD ketika melaksanakan pekerjaan” terang Nurhidayanto Nugroho, Manager PLN UP3 Pekalongan ditemui di tempat berbeda.

Dalam Akademi Yantek kali ini, disampaikan beberapa materi sebagai bekal upskilling kompetensi untuk tim Pelayanan Teknik antara lain kedisiplinan, manuver pekerjaan penanganan gangguan konduktor putus dan pengoperasian kubikel. Uji kompetensi Teknik pun menjadi salah satu agenda wajib yang harus diikuti oleh peserta Akademi Yantek untuk menguji kompetensi petugas terkait teknik kelistrikan dan penanganan gangguan.

Selain evaluasi, peningkatan dan uji kompetensi, dilakukan pula pemberian reward kepada tim Yantek PLN ULP Pekalongan Kota terbaik sebagai apresiasi dan cambuk penyemangat bagi seluruh petugas untuk terus memberikan pelayanan ekselen kepada pelanggan.

Perbaikan performa yang diikuti dengan peningkatan kompetensi dan dilengkapi dengan penampilan, sikap, salam, senyum juga sapa serta patuh pada SOP menjadi indikator terlaksananya pelayanan ekselen kepada pelanggan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan sehingga listrik untuk rakyat yang andal dan berkualitas pun dapat terwujud. (ORK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

PLN Peduli Bersama Banawa Sekar, Berkomitmen Lindungi Ekosistem Mangrove Lewat Bantuan Pembibitan

13 October 2025 - 10:30 WIB

Sangkanjoyo Berdaya Lewat Electrifying Agriculture, Bantuan Irigasi Untuk Pengairan Sawah

10 October 2025 - 08:05 WIB

Jaga Kehandalan Pasokan Listrik Jelan PON Beladiri Kudus serta Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, PLN Laksanakan Pemeliharaan Gabungan

29 September 2025 - 16:05 WIB

Bantuan Makanan Bergizi PLN Peduli, Bantu Warga Batukali Perangi Stunting

26 September 2025 - 07:18 WIB

Berikan Bantuan Makanan Bergizi, PLN Sukseskan Program Pemerintah Berantas Stunting

25 September 2025 - 06:25 WIB

Trending on News