Tanggal 04 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional (HPN), berbagai instansi, penyedia jasa layanan dan pelaku usaha berlomba untuk menghadirkan hal berbeda kepada seluruh pelanggannya, tak terkecuali PLN UP3 Pekalongan. Jika dalam kesehariannya, pelanggan yang datang ke loket untuk keperluan layanan kelistrikan dilayani oleh petugas loket, khusus di Hari Pelanggan Nasional, seluruh Manager Unit Layanan Pelanggan (MULP) di wilayah kerja PLN UP3 Pekalongan terjun langsung melayani pelanggan di loket pelayanan.

MULP bertukar peran dengan petugas loket pada perigatan HPN, Rabu (04/09), hadir menyapa pelanggan, menanyakan keperluan pelanggan yang datang ke loket hingga memproses dan menyelesaikan permohonan pelanggan. “Hari ini, dalam rangka Hari Pelanggan Nasional tahun 2024, kami ikut terjun langsung melayani pelanggan yang datang di loket pelayanan. Tidak sekedar menyapa, kami berupaya untuk berbincang lebih dekat dengan pelanggan, mendengarkan apa yang menjadi kebutuhannya dan menerima saran serta masukannya, sebab apa yang disampaikan oleh pelanggan menjadi energi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik, seperti tema HPN kali ini, Senyum Pelanggan adalah Energi Kami” terang Priyandhi, Manager PLN ULP Batang saat ditemui.
Menanggapi hal tersebut, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan, Triyono, merespon positif kegiatan rekan – rekan MULP untuk terjun langsung melayani pelanggan. “Terjun langsung menemui dan melayani pelanggan untuk bisa mendengarkan dan memahami kebutuhannya menjadi bagian dari tugas seorang Manager Unit Layanan. Saran dan kritik yang masuk menjadi roda pendorong untuk melakukan evaluasi agar dapat berkembang dan melayani lebih baik” ujarnya.
Sementara itu, Chamdi, salah satu pelanggan di PLN ULP Pekalonga Kota mengaku senang bisa dilayani langsung oleh Manager. “Alhamdulillah, senang dilayani langsung oleh Pak Manager. Saya dipandu secara khusus untuk mengajukan proses tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile dan diberi hadiah souvenir, terimakasih PLN” ucap Chamdi. Selain terjun langsung melayani pelanggan, MULP juga membagikan berbagai souvenir menarik kepada pelanggan yang telah berhasil mengajukan permohonannya melalui aplikasi PLN Mobile.
Pemandangan berbeda pun nampak di loket pelayanan PLN, berhiaskan balon dan ucapan Hari Pelanggan Nasional, pelanggan yang datang ke loket pun disuguhkan makanan dan minuman yang dapat diambil secara bebas sembari menunggu antrean. (ORK)