Menyambut hari raya idulfitri 1446 H yang jatuh pada Senin (31/3), PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan menyiagakan 253 personel yang terdiri dari 39 pegawai, 166 personel pelayanan teknik dan 48 personel mitra kerja pemeliharaan jaringan yang tersebar di 4 (empat) posko utama Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pekalongan, Batang, Kedungwuni dan Wiradesa serta 1 posko di kantor UP3 Pekalongan, guna memastikan kondisi kelistrikan aman dan terkendali selama perayaan idulfitri tahun 2025, sejak H-7 mulai tanggal 24 Maret hingga H+7 pada tanggal 07 April.
Selain itu, disiagakan pula 1 Unit Gardu Bergerak (UGB) 1 Phasa 50 kVA, 1 Unit UGB 250kVA, 4 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 2.2 kVA, 8 genset cadangan dan 6 unit mobil crane sebagai unit cadangan ketika terjadi keadaan darurat.

Nurhidayanto Nugroho, Manager PLN UP3 Pekalongan menyampaikan bahwa PLN siap menjamin ketersediaan pasokan listrik yang andal dan terkendali agar masyarakat dapat merayakan idulfitri dengan aman dan nyaman.
“Khusus pada malam takbiran ini, kami berkumpul di posko siaga idulfitri untuk memantau bersama – sama kondisi kelistrikan di seluruh unit wilayah kerja PLN UP3 Pekalongan. Dimana aktivitas masyarakat pada malam ini cukup tinggi hingga esok pagi saat pelaksanaan salat idulfitri” ungkap Nugroho saat ditemui di kantor PLN UP3 Pekalongan pada momen malam takbiran bersama seluruh personel siaga idulfitri 1446 H dan manajemen.
Nugroho menyebutkan, masa siaga idulfitri bukan hanya menjadi tanggungjawab insan PLN, tetapi ia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keandalan pasokan tenaga listrik. “Masyarakat kota Pekalongan dan sekitarnya memiliki tradisi menerbangkan balon udara pada saat momen idulfitri, terkait hal tersebut kami mengajak seluruh masyarakat Pekalongan dan sekitarnya untuk menjaga tradisi dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan bersama. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara di dekat jaringan listrik maupun gardu induk agar tidak mengenai jaringan maupun gardu yang berpotensi menyebabkan padamnya listrik secara luas” ajak Nugroho.
Beberapa hal lain yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk bersama – sama menjaga keandalan pasokan listrik antara lain tidak memotong pohon, memasang billboard/bendera/umbul – umbul atau mendirikan bangunan di dekat jaringan listrik PLN, segera melapor ke PLN melalui Contact Center PLN 123, aplikasi PLN Mobile atau kantor unit layanan terdekat apabila melihat potensi berbahaya terkait jaringan listrik yang dapat mengganggu keamanan & keandalan pasokan. (ORK)