Memasuki bulan Ramadhan 1446 H, PLN UP3 Pekalongan gelar apel siaga dalam rangka mempersiapkan pengamanan suplai kelistrikan ramadhan pada Jumat (28/2), di halaman kantor PLN UP3 Pekalongan. Apel diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari pegawai, tim pelayanan teknik dan mitra kerja pemeliharaan jaringan listrik yang senantiasa akan siap untuk melayani pelanggan.

Nurhidayanto Nugroho, Manager PLN UP3 Pekalongan menyampaikan bahwa PLN siap menjamin ketersediaan pasokan listrik yang andal agar masyarakat dapat menunaikah ibadah puasa ramadhan dengan nyaman. Berbagai upaya dilakukan oleh PLN UP3 Pekalongan seperti pelaksanaan inspeksi rutin jaringan, khususnya yang men-supply tempat – tempat ibadah, pemeliharaan jaringan baik preventif maupun korektif dengan metode Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan atau PDKB sehingga dilakukan tanpa adanya pemadaman aliran listrik, pemetaan lokasi – lokasi yang menjadi pusat tempat ibadah dan keramaian masyarakat, serta aktif berkoordinasi dengan stakeholder terkait di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan maupun Kabupaten Batang.
“Memasuki bulan Ramadhan, kita perlu siap dan siaga untuk senantiasa menjaga keandalan pasokan listrik ke pelanggan, terlebih di awal bulan Ramadhan dimana dapat dipastikan terdapat kenaikan beban puncak akibat aktivitas masyarakat. Kepedulian seluruh insan PLN terhadap Keselamatan Kesehatan Kerja, Keamanan dan Lingkungan serta Keselamatan Ketenagalistrikan menjadi bagian penting dalam mengupayakan pasokan listrik yang andal” terang Nugroho dalam arahannya di gelaran apel siaga. Beban puncak di bulan ramadhan 1446 H diperkirakan akan naik setidaknya 10% dibandingkan dengan tahun lalu, angkanya mencapai 209 hingga 213 megawatt.
Selain kepedulian dari seluruh insan PLN, PLN UP3 Pekalongan pun turut menghimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keandalan pasokan tenaga listrik. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat antara lain tidak memotong pohon, memasang billboard/bendera/umbul – umbul atau mendirikan bangunan di dekat jaringan listrik PLN, segera melapor ke PLN melalui Contact Center PLN 123, aplikasi PLN Mobile atau kantor unit layanan terdekat apabila melihat potensi berbahaya terkait jaringan listrik yang dapat mengganggu keamanan & keandalan pasokan. (ORK)